Program Liburan Dolan ning Kinanthinastiti

Pada hari pertama (4/7) program liburan “Dolan Neng Kinanthi Nastiti” di awali dengan pengenalan di lingkungan sekitar Laboratorium PAUD FIP UNY. Anak-anak diajak berkeliling dan tidak lupa memberi makan ikan. Anak-anak sangat senang ketika memberi makan ikan, setelah memberi makan ikan anak-anak kembali ke dalam Laboratorium untuk bermain balok dan mainan yang ada di Laboratorium Kinanthi Nastiti. Setelah itu anak-anak makan siang dan dilanjutkan tidur siang. Setelah Tidur siang anak-anak makan snack sore dan mandi kemudian anak-anak dijemput orang tua masing-masing.

Pada hari kedua (5/7) anak-anak kegiatannya membuat bentuk dari tanah liat, kegiatan dibuka dengan membaca doa dan makan snack pagi. Setelah itu anak-anak diajak untuk ke luar ruangan untuk persiapan kegiatan menggunakan tanah liat. Anak-anak sangat senang, namun ada beberapa anak yang tidak ingin bermain kotor sehingga beberapa anak cepat selesai. Setelah bermain tanah liat anak-anak menjemur hasil karyanya di tempat yang ada sinar mataharinya. Setelah itu anak-anak bersih bersih dan makan siang. Kemudian anak-anak Tidur siang anak-anak dilanjutkan makan snack sore dan mandi sore hingga menunggu orang tua menjemput anak.

Pada hari ke tiga (6/7) anak-anak kegiatannya adalah cooking class, kali ini anak-anak diajak untuk memasak kue klepon. Anak-anak sangat senang ketika membuat bualatan klepon. Sebagian anak-anak membantu memasukkan klepon ke dalam panci dengan bantuan guru-guru pendamping. Setelah selelsai memasak klepon anak-anak makan hasil olahan klepon yang sudah dibuat tadi. Setelah selesai makan klepon anak-anak bersiap untuk sholat dzuhur dan dilanjutkan tidur siang. Setelah tidur siang anak-anak makan sb=nack sore dan antri untuk mandi. Sambil menunggu orang tua menjemput anak-anak bermain mainan yang ada di laboratorium.

Pada hari keempat (7/7) anak-anak membuat batik jumputan, anak-anak mengikuti semua proses dari mempersiapkan kain batiknya. Sebelum membuat batik jumputan anak-anak diajak mencari kerikil atau batu yang ada di sekitar lab. Batu tersebut digunakan sebagai pengganti kelereng untuk membuta batik jumputan. Setelah itu anak-anak mencuci batu dan mulai membuat batik jumputan. Anak-anak yang masih kecil ketika menalir batiknya dinatu oleh guru-guru pendamping. Kemudian anak-anak mencelupkan hasil kain yang sudah ditali tali dengan karet ke dalam air pewarna batik. Karena ada beberapa cairan yang menggunakan air panas maka guru-guru mendampingi anak-anak ketika mencelupkan kain tersebut. Setelah selesai anak-anak cuci tangan dan persiapan makan siang, setelah makan siang selesai anak-anak tidur siang.

Pada hari terakhir (8/7) kegiatan dimulai dengan senam bersama, setelah senam anak-anak makan snack pagi. Setelah anak-anak selesai makan snack pagi anak-anak diajak bermain ke taman rektorat. Di taman rektorat anak-anak bermain APE luar dan lari-lari di lapangan rektorat. Anak-anak sangat senang bermain di luar. Setelah dari taman rektorat anak-anak Kembali ke laboratorium untuk makan siang. Setelah makan siang anak-anak yang laki-laki sholat Jumat di Mushola FIP dan anak-anak perempuan sholat Dzuhur di Laboratorium. Setelah itu anak-anak tidur dan mandi sore, pada saat pulang anak-anak dibagikan kenang-kenangan dan hasil karya selama bermain di Laboratorim Kinanthi Nastiti. (mart)