WORKSHOP PENGEMASAN PEMBELAJARAN DOLANAN TRADISIONAL UNTUK ANAK USIA DINI

Dolanan tradisional merupakan permainan yang dimainkan anak-anak pada zaman dahulu. Berbagai dolanan tradisional yang pernah berkembang sekarang sudah mulai tidak diperhatikan oleh kalangan milenial. Melihat fenomena tersebut, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP UNY melaksanakan workshop pembelajaran dolanan tradisional untuk anak usia dini dengan mengangkat tema “Penyemaian Nilai – Nilai Karakter pada PAUD di Era Milenial Melalui Permainan Tradisional”. Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

            Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 April 2019 di Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB – 13.30 WIB. Ragkaian kegiatan workshop yaitu terdiri dari bincang jurusan yang disampaikan oleh kedua pihak universitas. Kegiatan dilanjutkan dengan workshop karawitan, tari, dan juga panembrama. Setelah keseluruhan workshop selesai, maka dilanjutkan dengan pentas unjuk karya workshop pengemasan pembelajaran dolanan tradisional untuk anak usia dini.

            Serangkaian kegiatan workshop berjalan degan lancar dan seluruh peserta antusias dengan materi workshop yang disampaikan. Harapannya kegiatan workshop ini dapat memberikan pengalaman dalam pengemasan pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk anak usia dini. (ria/wil)

Tags: