Studium General Jurusan PAUD FIP UNY 2015

Jumat (9/10/2015), Jurusan PAUD FIP UNY kembali menggelar Studium Generale. Studium Generale ini mengambil tema “Prospek Guru PAUD di Era Globalisasi”, menghadirkan 2 pembicara yaitu Nurtaniawati, S.Pd. yang merupakan Tim Penjamin Mutu Sekolah IT Bintang Cendekia Pekanbaru dan Joko Pamungkas, M.Pd., di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PG PAUD FIP UNY mengatakan bahwa saat ini permasalahan tentang anak sangat menjamur dimana-mana. Oleh karena itu, sebagai calon lulusan PAUD harus bisa memecahkan berbagai masalah atau persoalan yang di alami oleh masyarakat sekitar terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Sarasehan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa Prodi PG PAUD dalam menangani problema masyarakat sekitar untuk mencapai sebuah masa depan yang lebih baik.

Sambutan selanjutnya oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd. mengatakan bahwa terkait dengan prospek guru PAUD di era globalisasi ini ada beberapa hal yang perlu mahasiswa harus ketahui seperti jumlah data primer PAUD di Yogyakarta, isu-isu kritis tentang PAUD seperti kekerasan dan kesehatan anak usia dini. Sebagai calon lulusan PAUD harus siap mengatasi masalah, mempunyai bekal ilmu dalam menghadapi berbagai masalah yang terjadi di masyarakat sekitar agar tidak ada masalah berulang dan harus bisa menjadi terdepan dimasa depan karena berlatar belakang PAUD.

Dalam kaitannya dengan Prospek Guru PAUD di Era Globalisasi, Nurtaniawati, S.Pd. mengungkapkan ada beberapa pola penting yang harus kita miliki untuk menjadi guru di era globalisasi ini yakni memiliki visi, passion, sabar, respect, kreatif, integritas, love of learning danhave a sense of humor. Kunci guru yang baik adalah harus bisa menampilkan ekspresi, pembelajaran dengan bermain dan kreativitas yang harus terus terasah. Permasalahan-permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar dapat diselesaikan dengan menggunakan  pola tersebut. Setelah selesainya pemaparan materi, peserta yang merupakan mahasiswa Jurusan PAUD FIP UNY diajak mempraktekan berbagai lagu dan gerak yang bisa meningkatkan rasa senang, humor dan sosial. (wil)