Seminar Laporan PKL Mahasiswa Prodi PG PAUD Angkatan 2012

Senin (15/6) Program Studi PG PAUD FIP UNY menyelenggarakan acara "Seminar Laporan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Angkatan 2012" diruang Abdullah Sigit FIP UNY. Kegiatan seminar ini merupakan salah satu tugas dari matakuliah Praktek Kerja Lapangan  (PKL)  yang diambil oleh mahasiswa semester 6 Prodi PG PAUD FIP UNY. Prodi PG PAUD merancang kegiatan PKL dengan dua tujuan kunjungan yaitu  lembaga PAUD diluar Jogja dan di wilayah Jogja. Pada Bulan Februari lalu mahasiswa mengunjungi sekolah bertaraf internasional Bali Green School dan mendapatkan banyak informasi dari lembaga tersebut. Setibanya di Jogya mahasiswa melanjutkan kegiatan PKL yang dilaksanakan di lembaga PAUD wilayah Jogja.

Kegiatan ini diikuti oleh 95 mahasiswa yang terbagi menjadi sembilan kelompok dan didampingi oleh sembilan dosen PG-PAUD FIP UNY yaitu Joko Pamungkas, M.Pd., Ika Budi Maryatun, M.Pd., Nur Hayati, M.Pd., Nelva Rolina, M.Si., Eka Sapti Cahyaningrum, MM, M.Pd., Rina Wulandari, M.Pd., Arumi Savitri F, S.Psi, M.A., Martha Christianti, M.Pd. Lembaga-lembaga yang menjadi tempat  kegiatan PKL mahasiswa di wilayah Jogya yaitu PAUD Terpadu Permata Hati Al-Mahali, PAUD Terpadu Aisiyah Nur’aini, Jogja Green School, Kinderstation Jogja, TK Tiara Candra, TPA-KBIT-TKIT Nurul Islam, PAUD An-Nurr, TAAT Insan Mulia, dan TPA-KB-TKIT Nurul Ittihad.

Seminar Laporan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Angkatan 2012 membahas tentang manajerial  kepemimpinan, administrasi, kurikulum, proses pembelajaran dan memberikan beberapa saran yang dilaksanakan pada lembaga tersebut. Setiap kelompok mendapatkan masukan dari dosen pembimbing lapangan mengenai hasil seminar mahasiswa. Seminar ini berjalan dengan lancar dan mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan serta pengalaman antara lembaga PAUD yang berada diluar Jogja dengan lembaga PAUD yang berada di wilayah Jogja. Diharapakan kegiatan seminar ini dapat memicu mahasiswa untuk terus mempelajari dan mengembangkan hasil ilmu yang diperoleh dari lembaga-lembaga PAUD tersebut pada mata kuliah lain. (jp/wil)

Tags: