Temu Alumni Akbar Prodi PG PAUD

Sabtu, 17 Mei 2014, Acara Reuni Akbar UNY dan sarasehan yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni UNY (IKA UNY)  yang merupakan salah satu agenda kegiatan Dies Natalis ke-50 UNY telah berlangsung dengan meriah. Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan alumni IKIP Yogyakarta yang pada tahun 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Menurut ketua pelaksana, Sardiman AM., M.Pd., reuni para alumni ini diharapkan menjadi sarana bernostalgia sebagai perwujudan rasa cinta almamater serta menjalin kembali silaturahmi yang terputus. “Kami juga berharap ada ide-ide segar yang bisa digali dari para alumni,” katanya.

Setelah acara temu alumni di GOR selesai kegiatan dilanjutkan dengan temu kangen di fakultas dan prodi masing-masing. Ketua IKA UNY, Prof. Dr. Herminarto Sofyan menjelaskan bahwa alumni UNY yang tercatat hingga saat ini sejumlah 102.213 yang terinci dari FIP 18.841 orang, FBS 18.154 orang, FMIPA 15.398 orang, FIS 19.685 orang, FT 16.584 orang, FIK 8.683 orang, FE 1.514 orang, dan Pascasarjana 3.345 orang. Sarasehan menampilkan Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non-Formal (Dikmenof) Bantul Masharun Gazali, pendiri Universitas Pamulang Drs. H. Darsono, dan Guru Besar UNY Prof. Suyanto.

Acara reuni akbar di FIP UNY selain mengundang alumni juga mengundang beberapa dosen yang telah pensiun. Reuni Akbar ini dibuka oleh Dr. Haryanto, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Acara ini berlangsung sangat menghibur karena selain menghadirkan pelawak dari jogja Kang Dalijo dan Mbok Beruk juga menghadirkan beberapa penyanyi. Setelah acara seremonial selesai, para alumni berkumpul dengan prodi masing – masing. Prodi PG PAUD mengadakan temu alumni di lapangan hijau FIP UNY, yang dihadiri alumni dari angkatan 2006-2011. Dalam kesempatan tersebut para alumni diberi kesempatan untuk menyampaikan berbagai dan berbagi saran kepada alumnus dan para dosen PG PAUD FIP UNY. Banyak hal yang bisa diambil dari kisah – kisah perjalanan hidup para alumni,  diantaranya adalah bahwa keilmuwan PG PAUD memberikan pondasi dan membentuk karakter yang kuat dalam membangun karir para alumni untuk menjadi seorang guru maupun dosen.(wil)