Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi S2 PAUD FIP UNY

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dijadikan sebagai pedoman dalam kegiatan proses belajar mengajarDengan adanya kurikulum maka proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lebih terarah dan teratur. Dalam penerapannya, kurikulum diimplementasikan sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang berlaku agar mampu memenuhi standar pendidikan. Salah satu standar pendidikan yaitu mempersiapkan para mahasiswa yang berkualitas agar siap menghadapi perubahan dan tantangan masa depan. Bila kualitas para mahasiswa bagus, maka stakeholder dan pengguna akan sangat terbantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di lapangan. Hasil visitasi terhadap Program Studi S2 PAUD UNY menunjukkan perlunya pembenahan atau penataan terkait komponen kurikulum, baik mata kuliah yang bersifat konten (utama) maupun pilihan. Apalagi saat ini prodi S1 dan S2 PAUD sudah terintegrasi. Harapannya dengan adanya integrasi tersebut, kurikulum bisa ditata dengan lebih teratur, sehingga pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa dapat lebih terarah, runtut, menyeluruh, dan berkesinambungan, sehingga mampu menjawab tantangan dunia pendidikan.

Pada tahun 2021 Prodi S2 PAUD UNY telah terintegrasi dengan Jurusan S1 PAUD FIP UNY. Dengan adanya integrasi tersebut, tentunya perlunya penataan agar lebih baik. Penataan tersebut mencakup penataan kurikulum, penataan dosen pengampu, penataan penggunaan laboratorium PAUD, penataan kegiatan mahasiswa, penataan kegiatan terpadu antara S1 dan S2 PAUD, penataan administrasi, dan penataan lainnya. Dalam penataan tersebut memerlukan sinergi dan relasi yang baik antara dosen S1 dan S2 agar dalam implementasinya lebih optimal.

Pada tanggal 27 Maret 2021 Jurusan PAUD FIP UNY telah mengadakan kegiatan workshop pengembangan kurikulum prodi S2 PAUD FIP UNY di Hotel Galuh, Klaten, Jawa Tengah dengan melibatkan para ahli kurikulum dan  partisipasi para dosen sebagai praktisi kurikulum. Kegiatan ini bertujuan tersusunnya kurikulum Prodi S2 PAUD UNY yang terarah, runtut, menyeluruh, dan berkesinambungan. (amr/wil)

Tags: