Workshop Peningkatan Kapasitas Guru: Membangun Jembatan Konsep Menuju Deep Learning

(24/10) Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) dalam menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Guru dengan tema “Membangun Jembatan Konsep: Dari Pengetahuan Dasar ke Aplikasi Nyata Pembelajaran Mendalam” sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 24 Oktober 2025, bertempat di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta, dan diikuti oleh 85 peserta, terdiri atas 76 guru dari Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Bantul serta peserta lainnya yang berasal dari berbagai lembaga pendidikan di luar IGRA Bantul. Workshop ini merupakan bagian dari implementasi Perjanjian Kerja Sama yang mencakup kerja sama dalam bidang peningkatan kapasitas guru melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Workshop menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Dr. Ika Budi Maryatun, M.Pd., yang menyampaikan materi “Deep Learning dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran,” serta Dr. Martha Christianti, M.Pd., dengan topik “Asesmen dalam Pembelajaran Deep Learning.” Kegiatan dipandu oleh moderator Inayatul Latifah, M.Pd., dan diakhiri dengan sesi praktik serta pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran dan asesmen berbasis Deep Learning oleh tim workshop. Kedua materi tersebut dirancang untuk membantu para guru memahami pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning), mulai dari konsep dasar hingga penerapannya dalam perencanaan dan asesmen pembelajaran.

Kegiatan berlangsung interaktif dan aplikatif ini, peserta yang telah menyelesaikan project dalam google classroom memperoleh e-sertifikat 32 JP, materi workshop, serta kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para pakar. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas guru PAUD dalam mengembangkan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan berpikir kritis peserta didik. Kerja sama ini juga menjadi langkah strategis dalam memperkuat sinergi antar perguruan tinggi dalam pelaksanaan Tri Dharma, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan profesionalisme guru. (adh)

Tags: