- Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
- Telp : (0274) 586168 Psw. 1408 (PAUD)
- Email : paud@uny.ac.id
- web : http://paud.fip.uny.ac.id
You are here
Peluncuran Model Pembelajaran Menggambar Berbasis AGAR untuk Stimulasi Kecerdasan Visual Anak TK
Primary tabs

Yogyakarta – Penelitian tentang Model Pembelajaran Menggambar Berbasis AGAR (Animation, Game, and Augmented Reality) untuk Stimulasi Kecerdasan Visual Anak di Taman Kanak-kanak resmi diluncurkan melalui kegiatan sosialisasi dan diseminasi yang digelar pada Sabtu (9/8/2025) di Laboratorium Terpadu PAUD dan PGSD, FIP UNY. Sebanyak 20 guru TK hadir sebagai peserta utama untuk mengikuti paparan, uji coba perangkat awal, dan diskusi penerapan di kelas.
Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Pelaksana Prof. Dr. Zulfi Hendri, M.Sn., yang menjelaskan bahwa model AGAR dirancang sebagai solusi berbasis animasi, gim edukatif, dan augmented reality untuk membantu anak mengekspresikan objek gambar secara bertahap. “Model AGAR kami hadirkan agar anak tidak hanya menggambar spontan, tetapi juga terbimbing dalam mengembangkan imajinasi, mengenali bentuk, komposisi, hingga warna. Media digital ini mampu meningkatkan motivasi sekaligus kualitas karya gambar anak,” ungkap Zulfi.
Model ini dikembangkan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan berbasis Borg & Gall melalui analisis kebutuhan, perancangan produk, validasi ahli, hingga uji coba bersama guru mitra di Sleman. Kehadiran komponen animasi, gim, dan AR dinilai selaras dengan karakter generasi Alpha yang akrab dengan teknologi, sehingga mampu menarik atensi, meningkatkan kreativitas, serta mengatasi rendahnya kecerdasan visual yang kerap muncul karena terbatasnya media ajar seni rupa di TK.
Hasil awal menunjukkan penggunaan AGAR mampu meningkatkan fokus dan kreativitas anak dalam menggambar. Seorang peserta dari Sleman menyampaikan pengalamannya, “Media animasi dan gim membuat anak lebih antusias. Mereka jadi bersemangat mencoba menggambar ulang objek dengan detail lebih baik dibanding sebelumnya.”(NA)
Kontak Kami
Copyright © 2025,