Sarasehan “Perubahan Paradigma Keilmuan dari Prodi PG PAUD menjadi Jurusan PAUD”

Kamis (4/2) Dalam rangka beralihnya Prodi PG PAUD menjadi Jurusan PAUD, diadakanlah Tasyakuran. Mengundang Prof. Dr. Suminto A. Sayuti sebagai pengisi sarasehan ini. Tema yang diusung dalam sarasehan ini adalah “Perubahan Paradigma Keilmuan dari Prodi PG PAUD menjadi Jurusan PAUD”. Turut mengundang para sesepuh PG PAUD dimana dahulu masih Prodi D2 PGTK yaitu Dra. Aswarni Sudjud, Istri Alm Drs. Waluyo Adi, M.Pd, Drs. Sungkono, Drs. AM. Yusuf, M.Pd, L. Andriani, M.Hum, Dr. Sugito, M.A dan Dra. Sudaryanti, M.Pd. Tak lupa pula mengundang Anggota Senat, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, dosen Jurusan PSD, karyawan, HIMA Jurusan PAUD, dan para ketua lembaga yang berada di FIP UNY.

Acara ini diadakan sebagai rasa syukur atas kemajuan Jurusan PAUD hingga bisa seperti ini, ungkap Kajur PAUD, Joko Pamungkas, M, Pd. Selain itu, acara ini sebagai penyambung tali silaturahmi kepada para perintis jurusan ini dan sebagai sarana apresiasi seni para Mahasiswa PAUD.

Selanjutnya acara dilanjutkan oleh Prof. Dr. Suminto A Sayuti  yang merupakan guru besar dan seorang budayawan UNY. Dalam sarasehan ini, Prof. Dr. Suminto A Sayuti mengawali dengan sebuah tembang jawa yang berjudul “Payung Agung”.

 

Payung Agung

Megar jembar payung agung

Iku apepayung mrih jejeging adil

Tanhana dharma mangrowa

Sapa tekun pinesthi bakal tekan

Antuk teken nuduhake

Kan  becik ketitik kang olo ketoro

Candha lan wahyune sirna

 

Beliau mengartikan isi syair tembang “Payung Agung” sebagai berikut :

“Sebuah  payung  agung  yang  besar dan luas yang bernama JURUSAN PAUD sudah lahir berada di FIP UNY, di Jurusan PAUD ini diharapkan akan menjaga keadilan dan tidak ada kebenaran yang mendua diartikan Jurusan PAUD  dapat membangun sistem komunikasi interaktif yang santun dan membangun tapi tetap bernilai benar, jujur,  terbuka objektif serta holistik. Siapa yang tekun dipastikan  akan  berhasil  untuk mendapatkan pegangan hidup sebagai insan akademik calon pencentak pendidikan anak usia dini sehingga mampu menunjukkan mana yang baik dan mana yang  buruk serta segala kebiadaban pasti akan kalah oleh keberadaban”.

Ahli budayawan ini juga menyampaikan dengan  terbentuknya jurusan baru bukan hanya masalah administratif saja, namun lebih kepada tujuan yang lebih besar yang harus dicapai. Kedudukan jurusan yang lebih kuat daripada prodi dimana jurusan mempunyai banyak tugas yang lebih besar untuk diemban oleh semua dosen Jurusan  PAUD FIP UNY. Selain itu, Prof. Dr. Suminto A Sayuti juga membahas tentang filosofi, makna, serta hubungan lagu-lagu yang dibawakan oleh pengrawit dengan terbentuknya Jurusan PAUD. Acara ini berjalan selama dua jam dan diakhiri dengan jamuan beberapa lagu oleh  pengrawit mahasiswa Jurusan PAUD FIP UNY. (jp/wil)

Tags: