PENERIMAAN PESERTA PPG SM3T DI PRODI PG PAUD

Jumat (18/3) Pertama kalinya Jurusan PAUD FIP UNY tahun 2016  menerima peserta Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) di Ruang Sidang I FIP UNY. Para peserta PPG SM3T ini berjumlah 14 orang dan bukan hanya berasal dari UNY, tapi juga dari beberapa perguruan tinggi lain yang tahun lalu mereka mengajar di daerah Aceh, Malinau, NTB, serta NTT. Penerimaan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Sekretaris Jurusan PAUD FIP UNY, Koordinator PPG PAUD FIP UNY dan para dosen Jurusan PAUD FIP UNY.

Acara ini dibuka oleh Koordinator PPG PAUD FIP UNY, Ika Budi Maryatun, M.Pd.  mengucapkan selamat datang di Jurusan PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan dan selamat mengikuti kegiatan PPG SM3T selama satu tahun yang berlokasi di Asrama Wates. Setelah perkenalan pengurus Jurusan PAUD FIP dan para dosen Jurusan PAUD FIP UNY, acara dilanjutkan oleh Kajur PAUD FIP.

Dalam sambutannya, Kajur PAUD FIP, Joko Pamungkas, M.Pd. merangkan bahwa tahun 2016 ini merupakan tahun perdana untuk Jurusan PAUD FIP diberi amanah menyelenggarakan PPG SM3T untuk menghasilkan pendidik berkualitas dan profesional. Program PPG SM3T ini merupakan bonus untuk para peserta yang telah melakukan pengabdian dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Program SM3T ini terdapat dua semester yang mana pada semester pertama peserta mendapatkan teori dan workshop terkait PAUD dan pada semester kedua peserta terjun langsung ke lapangan didampingi oleh dosen pendamping dan guru pamong Taman Kanak-kanak di Yogyakarta. Dan perlu diketahui peserta bahwa TK mitra yang digunakan praktik merupakan TK yang menggunakan kurikulum terbaru “Kurikulum 2013 PAUD”. Berbagai peraturan teknis pembelajaran disampaikan dalam kegiatan orientasi peserta PPG SM3T Prodi PG PAUD ini. Selain itu peserta dimohon untuk mematuhi peraturan yang ada di Asrama Wates yang mana peserta PPG SM3T Prodi PG PAUD diharapkan selain cerdas akademik juga cerdas non akademik. (wil)

Tags: