OPERA ANAK PG PAUD 2013

OPERA ANAK PG PAUD 2013 #5 merupakan acara yang dilaksanakan guna memenuhi tugas akhir mata kuliah yang diampu oleh Bapak Joko Pamungkas, M.Pd., yakni Estetika Koreografi Anak Usia Dini yang diperoleh Mahasiswa PG PAUD FIP UNY angkatan 2012 semester 3 sejumlah 120 Mahasiswa. Di mana Mahasiswa PG PAUD angkatan 2012 harus terjun langsung ke Taman Kanak-Kanak dan mengimplementasikan teori yang telah didapat di bangku kuliah.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2013 di XT Square dan bekerja sama dengan 8 TK mitra, di antaranya TK ABA Jogokariyan, TK ABA Gendingan, TK Kusuma, TK Kartika III-34, TK Sultan Agung, TK ABA Among Putro I, TK ABA Masjid Margoyoso, dan TK Uswatun Hasanah.  Tema yang diangkat pada OPERA ANAK PG PAUD 2013 #5 kali ini ialah “Samudera Ilmu dan Benua Cerita Anak Usia Dini”, dimana di dalamnya menampilkan berbagai aksi anak-anak TK yang terbingkai dalam sebuah Operet Anak dan penampilan beberapa Mahasiswa/Mahasiswi PG PAUD, yakni penampilan  Angklung dan Karawitan oleh Mahasiswi PG PAUD, serta Tari Gajah-gajah oleh Mahasiswa PG PAUD.

Acara dihadiri oleh jajaran Dosen PG PAUD FIP UNY beserta tamu undangan dan dibuka dengan pemukulan Gong oleh Bapak Dr. Suwarjo, M.Si. selaku Wakil Dekan III FIP UNY. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Opera Anak dari ke-8 TK mitra yang dinilai oleh 3 Dewan Juri, yaitu Bapak Slamet Nugroho, S.Pd., Bapak Bangun Wahyu Nugraha, A.Md., dan Ibu Febrita Cipta Putranti, S.Pd. Penampilan ke-8 TK tersebut memperebutkan 8 piala yang masing-masing berasal dari Dekan FIP UNY, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kaprodi PG PAUD, Kabag Tata Usaha, Pendamping Mahasiswa PG PAUD, dan Kepala Laboratorium PG PAUD FIP UNY, dengan kategori Koreografi Terbaik, Busana Terbaik, Artistik Terbaik, Tata Teknik Pentas Terbaik, Musik Terbaik, Favorit, Penyaji Unggulan I, dan Penyaji Unggulan II.

Acara yang dihadiri sekitar 732 penonton ini berlangsung dengan lancar dan sangat meriah, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Harapan kedepannya semoga acara Opera Anak PG PAUD 2013 dapat menjadi batu lonjakan bagi para pemerhati anak dalam mengembangkan potensi-potensi besar yang ada pada diri anak dan sebagai acuan perbaikan untuk acara Opera Anak PG PAUD 2014 yang akan datang. (puj/wil)

Tags: