KUNJUNGAN DARI PIAUD FTK UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Acara kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2019. Kegiatan kunjungan ini dimulai dengan penyambutan pukul 07.30 WIB bertempat di depan Lab PAUD FIP UNY yang menampilkan karawitan dengan gendhing Sluku-Sluku Bathok dari Mahasiswa PAUD FIP UNY. Setelah itu acara kunjungan lanjutkan dengan tour lab yang diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen dari Jurusan PIAUD UIN Sunan Gunung Djati serta didampingi oleh Mahasiswa PAUD UNY.

Acara dilanjutkan dengan Bincang Jurusan bertempat di Lantai 3 Lab Terpadu FIP, yang dihadiri oleh Ketua Jurusan PAUD, Sekretaris Jurusan PAUD berserta Dosen Jurusan PAUD FIP UNY serta diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen dari Jurusan PIAUD UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara yang berlangsung dari pukul 08.15 WIB sampai dengan 08.50 WIB ini dimulai dari pembukaan oleh MC, kemudian sambutan Ketua Jurusan PIAUD Dra. Yuyun Yulianingsih, M.Pd. Setelah itu dilanjutkan pemaparan Profil Jurusan PAUD FIP UNY oleh Ketua Jurusan PAUD FIP UNY Joko Pamungkas, M.Pd. Kunjungan yang dikemas menjadi Workshop Pengembangan  Program Kewirusahaan Mahasiswa PAUD Berbasis Kearifan Lokal dengan tema Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Lokal dalam Pembelajaran PAUD di Era Milenial ini menjadi antusias tersendiri bagi Mahasiswa dan Dosen Jurusan PIAUD. Hal tersebut dapat terlihat dari acara sesi tanya jawab, beberapa mahasiswa dan juga dosen bertanya seputar Jurusan PAUD UNY serta mengenai program kewirausahaan yang dilakukan oleh Jurusan PAUD UNY.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian kelompok workshop yang terbagi menjadi empat kelompok, yaitu kelompok panembromo/sinden, karawitan, tari dan kelompok gerabah. Semua kelompok dipandu oleh masing-masing Divisi Mahasiswa dari PAUD UNY. Acara workshop dilakukan dalam waktu satu jam dan setelah itu masing-masing kelompok akan mempersentasikan hasil workshop di Ruang Audio Visual Lab PAUD FIP UNY. Sebelum acara penampilan hasil workshop mahasiswa dari PIAUD berganti pakaian memakai baju adat jawa yang telah disiapkan.

Acara workshop dimulai dengan sambutan Ketua Jurusan PAUD FIP UNY dan dilanjutkan dengan pemutaran video proses workshop yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan penampilan karawitan dan panembromo dari Mahasiswa Jurusan PIAUD yang membawakan gendhing Gugur Gunung. Selanjutnya penampilan dari kelompok tari Mahasiswa Jurusan PIAUD yang diiringi oleh Mahasiswa Jurusan PAUD FIP UNY. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan PIAUD UIN Sunan Gunung Djati. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan IA serta pertukaran cinderamata. Dan acara ditutup dengan foto bersama PIAUD UIN Sunan Gunung Djati dan PAUD FIP UNY. (cahya/wil)

Tags: