Jurusan PAUD FIP UNY gandeng UGM dan UIN untuk Festival Wayang Bocah 2016

Kamis (31/3) Jurusan PAUD mengundang penanggung jawab Karawitan GAMASUTRA UGM, penanggung jawab Karawitan KALIMASADA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, penata iringan, dan para ketua kelompok kegiatan untuk membahas kegiatan "Festival Wayang Bocah 2016". Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III FIP UNY di ruang Sidang I FIP UNY.  Dalam pertemuan ini membahas tentang teknis latihan, konsep acara, proses administrasi antar universitas dan berbagai saran untuk melancarkan latihan kegiatan Festival Wayang Bocah 2016.

Tahun ini gebrakan baru yang dilakukan Jurusan PAUD untuk memeriahkan Dies Natalis ke-52 UNY menggandeng dua universitas besar di Yogyakarta yang memiliki komunitas karawitan. Komunitas karawitan ini merupakan salah satu pondasi untuk mendukung “Festival Wayang Bocah 2016” yang dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2016 di Auditorium UNY. Tiga Komunitas Karawitan yang siap mendukung rangkaian acara ini terdiri dari Karawitan Jurusan PAUD FIP UNY, Karawitan GAMASUTRA Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Karawitan KALIMASADA Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan Festival Wayang Bocah 2016 ini mengangkat tema “Membangun Karakter Anak Bangsa Melalui Kearifan Lokal”. Seni wayang terdapat kearifan lokal yang bermanfaat untuk membangun karakter dan jati diri bangsa Indonesia yang tergambarkan melalui watak tokoh dalam wayang. Pendidikan budaya memegang peran penting di sini, sehingga pembelajaran seni dan budaya melalui kearifan lokal berupa wayang perlu ditanamkan sejak usia dini. Jurusan PAUD juga  bekerjasama dengan enam TK Mitra di Yogyakarta untuk memainkan setiap tokoh pewayangan dalam acara tersebut. Beberapa tokoh yang diperankan dalam kegiatan Festival Wayang Bocah 2016 ini ialah Gatotkaca Senopati, Kresna Duta, Sayambara Mantili, Anoman Senopati, Lesmana Senopati, dan Srikandi Senopati. (wil)

 

 

Tags: