GURU PAUD WILAYAH KABUPATEN KULONPROGO MENJADI SASARAN PELATIHAN KERJASAMA ANTARA JURUSAN PAUD FIP UNY DENGAN DOMPET DHUAFA

Pembukaan dan Pengarahan Teknis Pelatihan Guru Inspiratif  berlangsung Senin, 22 Februari 2016  pada pukul 13.00 WIB di Sekolah Dasar Muhammadiyah Temon Kulonprogo. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo yang diwakili oleh Kepala Seksi SD Kulonprogo, Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Kepala UPT Kulonprogo, Kepala Dompet Duafa cabang Yogyakarta, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Temon Kulonprogo, staff Dompet Duafa cabang Yogyakarta dan  peserta pelatihan sebanyak 51 orang. Pelatihan Guru Inspiratif ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni Tahun 2016 dan terbagi menjadi 2 kelas.

Kepala Dompet Duafa cabang Yogyakarta mengawali sambutan dan memberitahukan kepada para peserta tujuan dari kegiatan ini. “Kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan  mengembangkan keilmuan bidang  PAUD kepada para guru PAUD di wilayah Temon Kulonprogo. Semoga selama pelatihan ini berlangsung dapat memberikan perubahan dan manfaat kepada semua para peserta pendidik PAUD” tuturnya.

Senada dengan sambutan tersebut, “Terimakasih atas kepercayaan dan kesempatan mengabdi yang diberikan kepada Jurusan PAUD FIP UNY. Kami  bekerjasama dengan pihak Dhompet Dhuafa Yogyakarta memiliki tujuan khusus mencerdaskan para pendidik PAUD di wilayah Temon Kulonprogo untuk menghasilkan anak didik yang berkualitas dan mohon para peserta tidak menyiakan kesempatan emas ini. Semoga dengan perjalanan waktu akan menjadikan suatu hubungan harmonis antar semua pihak” ujar Ketua Jurusan PAUD FIP UNY.

Selanjutnya sambutan dan pembukaan dari Kepala Seksi SD Kulonprogo. Beliau menyatakan terimakasih banyak atas program kegiatan pelatihan ini kepada Dompet Dhuafa Yogyakarta yang telah peduli kepada  guru PAUD non PNS di wilayah Temon Kulonprogo dan mengucapkan terimakasih kepada Ketua Jurusan PAUD FIP UNY yang telah sudi berjelajah ikut meningkatakan kompetensi para guru di wilayah Temon Kulonprogo. Kegiatan ini bertujuan mampu meningkatkan inovasi dan daya kreatif  guru dalam kegiatan pembelajaran. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diharapkan para peserta tidak meninggalkan kesempatan pelatihan ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para peserta antara lain yaitu peserta diwajibkan hadir tepat waktu, keterlambatan peserta maksimal 15 menit dan memberitahukan kepada pihak Dhompet Dhuafa, segala jenis alat komunikasi dinonaktifkan, peserta diharapkan aktif dan patisipatif selama pelatihan berlangsung, melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggungjawab, menerapkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan untuk kemajuan PAUD kepada anak didik, dan selalu tersenyum dan berpikir positif. Puncak acara dalam pembukaan dan pengarahan teknis pelatihan guru inspiratif ini adalah penyematan tanda peserta yang dilakukan oleh Kepala Seksi SD Kulonprogo yang didampingi Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Kepala Dompet Dhuafa cabang Yogyakarta dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Temon Kulonprogo.(wil)