WORKSHOP PEMBELAJARAN ROLE PLAY PAUD BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Pengembangan pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan kegiatan pendidikan yang memanfaatkan nilai-nilai keunggulan lokal yang terdapat di suatu daerah tersebut. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan calon pendidik dalam menjawab tantangan persaingan global kedepannya. Dalam hal ini penyelenggaraan workshop berbasis kearifan lokal yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Kunjungan dan Studi Banding HIMA PG PAUD UPI Tasikmalaya yang dilaksanakan pada Jumat, 29 Maret 2019 di Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar FIP UNY.

Sebanyak 60 peserta workshop yang juga merupakan mahasiswa Jurusan PAUD UPI Tasikmalaya mengikuti rangkaian kegiatan berupa bincang jurusan yang dipimpin oleh Ketua Jurusan PAUD FIP UNY yaitu Joko Pamungkas, M.Pd., workshop karawitan, panembrama, tari, dan diskusi program kerja pengurus HIMA. Seluruh peserta workshop sangat antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Setelah berlatih bersama, seluruh hasil dipentaskan dalam kegiatan unjuk hasil workshop. Pementasan unjuk hasil dihadiri oleh Dekan FIP UNY dan jajarannya serta seluruh dosen Jurusan PAUD FIP UNY.

Selain kegiatan workshop, terdapat juga kegiatan pameran rintisan kewirausahaan yang berbasis kearifan lokal. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh mahasiswi semester empat yaitu Angkringan Srikandhi PAUD. Keseluruhan makanan dan minuman yang dijajakan merupakan makanan khas angkringan. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan pengalaman pengembangan pendidikan berbasis kearifan lokal  kepada mahasiswa. Kedepannya kegiatan tersebut juga dapat diterapkan kepada anak usia dini sebagai sarana pengenalam pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal. (Riana/wil)

 

Tags: