Seminar Laporan PKL Mahasiswa Jurusan PAUD Angkatan 2013

Jum’at (17/6) Program Studi PG PAUD FIP UNY menyelenggarakan acara "Seminar Laporan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Angkatan 2013" diruang Abdullah Sigit FIP UNY. Kegiatan seminar ini merupakan salah satu tugas dari matakuliah Praktek Kerja Lapangan  (PKL)  yang diambil oleh mahasiswa semester 6 Prodi PG PAUD FIP UNY. Prodi PG PAUD merancang kegiatan PKL dengan dua tujuan kunjungan yaitu  lembaga PAUD diluar Jogja dan di wilayah Jogja. Pada bulan Januari  lalu mahasiswa mengunjungi Sekolah Alam Pelopor Rancaekek, Bandung, Jawa Barat dan disana mahasiswa mendapatkan banyak informasi dari lembaga tersebut. Setibanya di Yogyakarta mahasiswa melanjutkan kegiatan PKL yang dilaksanakan di lembaga PAUD wilayah Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 mahasiswa yang terbagi menjadi delapan kelompok dan didampingi oleh delapan dosen PG-PAUD FIP UNY yaitu Sudaryanti, M.Pd., Dr. Amir Syamsudin, M.Ag., Ika Budi Maryatun, M.Pd., Nur Hayati, M.Pd.,  Eka Sapti Cahyaningrum, MM, M.Pd.,  Martha Christianti, M.Pd., Nur Cholimah, M.Pd., dan Arumi Savitri F, S.Psi, MA. Lembaga-lembaga yang menjadi tempat  kegiatan PKL mahasiswa di wilayah Jogya yaitu TTKA Plus Jauza Rahma, TK ABA Mardi Putra Bantul,  Indonesia playschool, TK Ar-Raihan, TK IT Salman Al Farisi 1, TK ABA Suryocondro, TK Pelangi Anak Negeri, dan Basmalah School.

Seminar Laporan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Angkatan 2013 menguak tentang manajerial  kepemimpinan, administrasi, kurikulum, proses pembelajaran dan kelompok memberikan beberapa saran yang dilaksanakan pada lembaga tersebut. Setiap kelompok mendapatkan masukan dari dosen pembimbing lapangan mengenai hasil seminar mahasiswa. Diharapakan kegiatan seminar ini dapat memicu mahasiswa untuk terus mempelajari dan mengembangkan hasil ilmu yang diperoleh dari lembaga-lembaga PAUD tersebut pada mata kuliah lain. (wil)

Tags: