Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP UNY Terakreditasi “A”

(3/10), Rangkaian proses penyusunan borang akreditasi hingga kegiatan visitasi lapangan dalam rangka Akreditasi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini  FIP UNY akhirnya selesai dan membuahkan hasil yang maksimal. Berdasarkan surat keputusan BAN PT No. 1685/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016 Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP UNY mendapatkan nilai A (skor 361). Hasil ini tentu saja sangat membanggakan karena sebelumnya Prodi PG PAUD berakreditasi B. Perlu diketahui bahwa rangkaian akreditasi ini membutuhkan tenaga serta pikiran, dari awal penyusunan borang sampai dengan visitasi. Dengan dikeluarkan surat keputusan tersebut, kini Prodi S1 PG PAUD merasa bahagia dan bangga. Oleh karena itu, Ketua Jurusan PAUD Joko Pamungkas, M.Pd. atas nama Jurusan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung proses akreditasi, baik Jajaran Dekanat FIP, Bapak Ibu Kasubag, dosen, karyawan, para alumni dan mahasiswa.

Sebagaimana diketahui bahwa akreditasi program studi yang dilakukan oleh BANP-PT merupakan  proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami hakikat pengelolaan program studi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi. Akreditasi merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap prodi agar dapat menjadi tolok ukur di dalam memberikan pelayanan pendidikan yang lebih bermutu kepada masyarakat.

Jurusan PAUD FIP UNY akan berkomitmen untuk mempertahankan peringkat akreditasi ini, dengan upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa, masyarakat, serta stakeholder. (wil)

Tags: