Penjelasan Kegiatan Pembelajaran Micro-teaching dan PPL Jurusan PAUD FIP UNY

(2/2), Jurusan PAUD FIP UNY mengadakan pertemuan terkait Magang Prodi PG PAUD. Kegiatan ini ada tiga sesi, sesi pertama penjelasan kegiatan pembelajaran Microteaching & PPL pada mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh Joko Pamungkas, M.Pd selaku Ketua Jurusan PAUD, Dr. Amir Syamsudin, M.Ag. selaku Koordinator PPL dan mahasiswa angkatan 2014 berjumlah 84 orang di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan PAUD FIP UNY dan selanjutnya penyampaian materi oleh Koordinator PPL tentang magang (Microteaching & PPL).

“Sasaran mata kuliah Magang adalah masyarakat sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah, baik kegiatan akademis dan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Magang diharapkan dapat membentuk  pengalaman awal proses pembelajaran akademis maupun nonakademis yang nyata di lapangan bagi mahasiswa calon guru. Pengalaman awal tersebut berupa pengalaman mengajar, pengalaman berinteraksi dengan peserta didik, baik dalam kapasitas pembelajaran maupun dalam kapasistas pembentukan karakter, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi terutama kompetensi sosial dan kepribadian, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dedikasi, dan kemampuan memecahkan masalah nyata di lapangan”, ujar Dr. Amir Syamsudin, M.Ag  dalam paparannya.

 

Pada sesi kedua dihadiri oleh Wakil Dekan I FIP UNY, Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Sekretaris Jurusan PAUD FIP UNY, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kepala TK, dan guru pamong TK bertempat di Ruang Sidang I FIP UNY. Kegiatan pembelajaran Microteaching & PPL 2017 PAUD FIP UNY melibatkan delapan TK mitra yaitu TK ABA Pajangan Berbah, TK Kusuma 1 Bercak Berbah, TK ABA Jogomangsan Rejosari Berbah, TK ABA Karangharjo Bedilan Berbah, TK Panti Dewi TRP Tanjungtirto Berbah, TK Kuncup Melati Kuton Berbah, TK Tunas Harapan Candirejo Berbah, TK Among Putro Krikilan Berbah.

Dr. Suwarjo, M.Si., menyampaikan “Terimakasih banyak atas kesediaan TK menjadi tempat mahasiswa untuk menimba banyak ilmu dan besar harapan kami agar  mahasiswa dapat dibimbing oleh TK selama kegiatan Microteaching & PPL 2017”.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan  tentang jadwal kegiatan pembelajaran Microteaching & PPL 2017 PAUD FIP UNY  yang dimulai pada bulan Februari-November antara lain kegiatan observasi proses pembelajaran di TK, Pembelajaran Microteaching ke-1 s.d ke-14 dan supervisi Microteaching, ujian Real Pupil teaching di TK tempat PPL, Batas akhir penyerahan nilai pembelajaran Microteaching, praktik pembelajaran terbimbing, mandiri, dan ujian di TK, dan batas akhir penyerahan nilai PPL. Selain itu, juga dibahas terkait berita acara penyerahan mahasiswa PPL PGPAUD, panduan magang PGPAUD 2017 dan lembar pengamatan program magang selama kegiatan berlangsung di TK. Mahasiswa tidak hanya dinilai praktek pembelajarannya saja, melainkan juga kompetensi kepribadian dan sosial selama berada di TK tersebut.

Pertemuan antara DPL, Kepala TK, guru pamong, dan mahasiswa di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY merupakan kegiatan sesi ketiga. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui DPL, Kepala TK, dan guru pamong masing-masing, serta terjadi diskusi terkait kegiatan selama berada di TK kedepannya. (wil)