Pelatihan Leadership Mahasiswa (PLM) PG PAUD FIP UNY 2019

Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan seseorang (yaitu pemimpin) untuk mempengaruhi orang lain (yaitu yang dipimpin atau pengikut-pengikutnya). Kepemimpinan juga merupakan suatu kompleks dari hak-hak dan kewajiban yang dapat dimiliki oleh seorang. Mengingat urgensi jiwa leadership bagi mahasiswa maka HIMA PG PAUD 2019 melaksanakan Pelatihan Leadership Mahasiswa PG PAUD FIP UNY 2019.

 

Kegiatan PLM PG PAUD 2019 dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan pertama dilakukan pada hari Jumat, 20 September 2019 di Aula Lab Terpadu PAUD dan SD Lantai 3 dengan agenda Talkshow Kepemimpinan. Kegiatan ini mengangkat tema "Mewujudkan Generasi Pendidik Berjiwa Patriotik, Humanis dan Berwawasan Luas dalam Keberagaman Budaya. Kegiatan PLM menghadirkan pembicara dalam talkshow tersebut yaitu Nur Cholimah, M.Pd (dosen Jurusan PAUD FIP UNY) dan Satria Yudhistira (aktivis kampus). Materi pertama disampaikan oleh Nur Cholimah, M.Pd. tentang manajemen diri dan materi kedua oleh Satria Yudhistira tentang peran mahasiswa. Kemudian kegiatan dilanjutkan pada hari Sabtu-Minggu, 21-22 September 2019 di Wisma Duta Wacana Kaliurang. Kegiatan yang dilakukan yaitu sarasehan tentang Motivasi Berprestasi dengan mahasiswa peserta PPL Luar Negeri di Malaysia dan Filipina. Malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Keprodian dengan jajaran dosen PAUD FIP UNY, renungan, dan pentas seni. Pada hari Minggu, 22 September 2019 dimulai dengan kegiatan senam pagi, outbond, dan diakhiri dengan penutupan.

 

Seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan Leadership Mahasiswa (PLM) PG PAUD FIP UNY 2019 berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala yang berarti. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru diharapkan dapat lebih dekat dengan keluarga besar PAUD FIP UNY serta memiliki semangat berprestasi dan jiwa kepemimpinan yang baik. (riana)

Tags: