PAUD EXPO TAHUN 2014

PG PAUD EXPO merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Prodi PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari serangkaian acara di mana di dalamnya melibatkan berbagai elemen, yaitu kepanitiaan yang berasal dari mahasiswa Prodi PG PAUD itu sendiri, pembimbing dari para dosen PG PAUD, serta sasaran kegiatan ini yang berasal dari masyarakat luas. Pada tahun ini, PG PAUD EXPO bertema “Warna Warni Anak Negeri” dan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 3 Desember 2014 di Auditorium UNY, di mana pada tanggal 1 Desember diadakan Lomba Lukis Caping sebagai pra acara, pada tanggal 2 Desember diadakan Opera Anak, dan ditutup pada tanggal 3 Desember oleh acara Seminar Nasional.

Lomba Lukis Caping diadakan untuk anak-anak yang berusia TK dan diikuti oleh kurang lebih 180 anak. Lomba ini dikemas dengan tema “Cita-citaku” dan para peserta dimotivasi dengan adanya penghargaan untuk juara pertama berupa Piala Rektor UNY beserta uang tunai. Selain itu, juga ada Piala Dekan FIP UNY, Piala Kaprodi PG PAUD FIP UNY, Piala Kepala Laboratorium PG PAUD FIP UNY, Piala Pendamping Mahasiswa PG PAUD FIP UNY, serta Piala Ketua Himpunan Mahasiswa PG PAUD FIP UNY. Kemudian pada hari kedua, caping-caping hasil karya dari para peserta dipajang dan menjadi ikon dari acara ini.

Hari kedua, yaitu pada tanggal 2 Desember 2014, diadakan Opera Anak di mana kegiatan ini sebenarnya berasal dari tugas mata kuliah Estetika Koreografi Anak Usia Dini di mana para mahasiswa PG PAUD FIP UNY semester 3 membuat tari secara individu lalu akhirnya harus menjadikan satu bentuk dalam suatu skenario kelompok sehingga dapat menjadi pertunjukkan opera yang berlangsung selama 15 menit. Para mahasiswa semester 3 langsung diterjunkan ke TK-TK mitra dan mengajarkan tari-tari yang sudah dibentuknya, tentu mengajarkan tari pada anak usia dini sangatlah tidak mudah. Acara ini diikuti oleh sekitar 600 lebih penonton.

Pada hari ketiga, acara PG PAUD EXPO ditutup dengan acara Seminar Nasional yang bertema “Implementasi Pendidikan Inklusi untuk Mengoptimalkan Potensi Anak Usia Dini”. Peserta yang mengikuti Seminar Nasional kurang lebih 400 orang. Di dalam acara ini juga terdapat Bazar Kewirausahaan dan Pameran Dua Dimensi di mana kedua kegiatan tersebut juga dipegang oleh para mahasiswa PG PAUD FIP UNY. (ant/wil)