SEMINAR PENDIDIKAN “MEWUJUDKAN PENDIDIK PAUD YANG PROFESIONAL DAN AMANAH”

Ikatan Alumni PG PAUD FIP UNY bekerjasama dengan Jurusan PAUD FIP UNY menyelenggarakan seminar pendidikan dengan mengambil tema `Mewujudkan Pendidik PAUD yang Profesional dan Amanah` di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY (29/4). Seminar dihadiri oleh Jajaran Dekanat FIP UNY, Kajur PAUD FIP UNY, Sekjur  PAUD FIP UNY, dosen PG PAUD, alumni PAUD FIP UNY dan peserta sejumlah 197 orang. Selain mahasiswa, peserta seminar ini sebagian besar dari kalangan guru PAUD di wilayah Yogyakarta. Ketua Ikatan Alumni PG PAUD FIP UNY sekaligus Ketua Pelaksanan, Vera Sholehah, S,Pd. memberikan sambutan pertama dan dilanjutkan sambutan dari Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Joko Pamungkas, M.Pd. serta Dekan FIP, Dr. Haryanto, M.Pd.

Berhasil menjadi alumni Jurusan PAUD dan menjadi guru PAUD bukan berarti sudah mencapai puncak prestasi. Setiap lulusan PAUD bisa menjadi guru PAUD, tapi tidak semua guru PAUD dapat menjadi guru PAUD yang profesional dan amanah. Hal inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan seminar dengan mengusung tema `Mewujudkan Pendidik PAUD yang Profesional dan Amanah`.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber, dosen Jurusan PAUD FIP UNY, Ika Budi Maryatun, M.Pd. yang mengemukakan cara menjadi guru PAUD yang profesional dan amanah dengan meningkatkan kompetensi pendidik PAUD. “Meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan dengan cara diklat maupun non diklat. Mengikuti seminar merupakan salah satu cara non diklat. Sehingga guru yang menyempatkan hadir di seminar ini telah berpotensi menjadi pendidik yang profesional dan amanah,”papar Ika.

Narasumber kedua, merupakan trainer anak, inspirator AJI (Anak Josh Indonesia) dan seorang pengusaha, Aji Syafa (Kak Aji). `Kak` Aji mengajak peserta aktif bernyanyi, bergerak bahkan praktik langsung mengajar sebagai guru profesional. Penyampaiannya mengajak peserta berinteraksi membuat peserta tidak kehilangan konsentrasi. “Antusias itu menular sama dengan ngantuk,  kalau gurunya antusias penuh semangat, maka anak-anaknya pun akan semangat”. Hal ini dibuktikan Aji Syafa dalam menyampaikan seminar ini,

Dengan adanya seminar ini memiliki harapan agar guru semakin bersemangat belajar meskipun sudah memiliki pengalaman lama mengajar dan calon guru juga terus belajar  bagaimana menjadi guru yang profesional dan amanah. Berawal dari guru yang aktif meningkatkan kualitas diri akan menciptakan generasi berprestasi. (viv/wil)

Tags: