PENGUATAN JURUSAN PAUD DALAM TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Senin, (19/12) Jurusan PAUD FIP UNY bekerjasama dengan HIMA PGPAUD  FIP UNY mengadakan Sarasehan Ilmu Pendidikan. Sarasehan tersebut bertemakan “Penguatan Jurusan PAUD dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Acara sarasehan diselenggarakan di Pendopo Luar UPP 2 Kampus 3 FIP UNY. Sarasehan ini berjalan selama tiga jam yang diikuti oleh seluruh Dosen, mahasiswa, dan alumni Jurusan PAUD FIP UNY. Kegiatan sarasehan dibuka oleh Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan PAUD FIP UNY, Joko Pamungkas, M.Pd.. Sarasehan Keluarga Besar Jurusan PAUD FIP UNY dibersamai oleh Dr. Amir Syamsudin, M.Ag., selaku moderator, Dr. Sugito, M.A., selaku Asisten Direktur I Program Pascasarjana UNY, Dr. Sofia Hartati, M.Si., selaku Dekan FIP Universitas Negeri Jakarta dan Ketua APG PAUD Indonesia, serta Dr. Suwarjo, M.Si., selaku Wakil Dekan I FIP UNY.

Dr. Sofia Hartati, M.Si. memaparkan sosialisasi kepada mahasiswa, alumni, serta dosen Jurusan PAUD FIP UNY mengenai apa sajakah hak dan kewajiban setelah Program Studi S1 PG PAUD memperoleh akreditasi “A” berdasarkan surat keputusan BAN PT No. 1685/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016. Sarasehan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada dosen, alumni dan mahasiswa Jurusan PAUD FIP UNY untuk terus berkarya dalam mendidik generasi emas bangsa Indonesia.

Dr. Sugito, MA. menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa PG PAUD, calon pendidik PAUD, harus siap untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat disebabkan masuknya pendidik-pendidik PAUD yang berasal dari mancanegara. Untuk itu, mahasiswa diharapkan dapat lulus tepat waktu dengan IPK tinggi. Selain itu, mahasiswa juga harus aktif dalam berbagai kegiatan non-akademik.

Menurut penuturan Dr. Suwarjo, M.Si., Jurusan PAUD FIP UNY mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang pengembangan kompetensi mahasiswa, mulai dari laboratorium hingga seperangkat gamelan. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Jurusan PAUD FIP UNY. Selain itu, Wakil Dekan I FIP UNY juga menyampaikan bahwa banyak yang perlu dikembangkan oleh dosen antara lain pelayanan terhadap mahasiswa, pengabdian dan penelitian yang sesuai dengan payung kelimuannya.

Kegiatan diskusi dan penyerahan penghargaan terhadap mahasiswa dalam program EVO Award (Earlychildhood Volunter) menutup kegiatan ini. Program EVO ini merupakan salah satu program kegiatan dari HIMA PG PAUD FIP UNY. Penyerahan EVO Award terdiri dari kriteria mahasiswa terinspiratif, mahasiswa terajin, dan mahasiswa terdisiplin. Tak lupa penutup dari penyerahan tersebut anggota EVO menyorakan yel-yel kebanggaan “Mendidik dengan hati untuk PAUD Berprestasi”. (wil)

Tags: